Artikel Ilmiah : I1D020031 a.n. ELVA NADILA

Kembali Update Delete

NIMI1D020031
NamamhsELVA NADILA
Judul ArtikelHUBUNGAN KEBIASAAN MINUM BERKAFEIN DAN KUALITAS TIDUR DENGAN PREMENSTRUAL SYNDROME PADA MAHASISWI UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
Abstrak (Bhs. Indonesia)Latar Belakang : Mahasiswi termasuk salah satu kelompok wanita usia subur yang rentan mengalami masalah menstruasi seperti premenstrual syndrome (PMS). PMS merupakan sekumpulan gejala yang muncul pada wanita usia subur saat 7–10 hari sebelum menstruasi dan menghilang beberapa hari setelah menstruasi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa PMS dapat disebabkan oleh gaya hidup seperti kebiasaan minum berkafein dan pola tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan minum berkafein dan kualitas tidur dengan PMS pada mahasiswi Universitas Jenderal Soedirman.

Metodologi : Penelitian menggunakan desain cross-sectional pada 113 responden berusia 19–24 tahun dengan teknik stratified sampling. Instrumen yang digunakan adalah FFQ berisi minuman berkafein untuk kebiasaan minum berkafein, PSQI untuk kualitas tidur dan SPAF untuk PMS. Analisis data statistik menggunakan uji Chi-square.

Hasil Penelitian: Responden jarang minum berkafein (52%), memiliki kualitas tidur buruk (99%) dan mengalami PMS ringan (85%). Terdapat hubungan antara kebiasaan minum berkafein (p=0,041; p<0,05) dengan PMS. Tidak terdapat hubungan antara kualitas tidur (p=0673; p>0,05) dengan PMS.

Kesimpulan : Terdapat hubungan antara kebiasaan minum berkafein dengan PMS.
Abtrak (Bhs. Inggris)Background : Female university students are among the demographic of women of reproductive age who are particularly susceptible to menstrual issues such as premenstrual syndrome (PMS). PMS is a compilation of symptomps that typically emerge 7–10 days before menstruation and subside a few days after menstruation. Previous research suggests that PMS may be influenced by lifestyle factors, including caffeine consumption and sleep patterns. This study aims to explore the correlation between caffeine consumption and sleep quality with PMS among student at Jenderal Soedirman University.

Methodology : This study employed a cross-sectional design involving 113 respondents aged 19–24 years, selected through stratified sampling. The instruments used incuded a Food Frequency Questionnaire (FFQ) to assess caffeine consumption habits, the Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) to evaluate sleep quality and the Shortened Premenstrual Assessment Form (SPAF) to measure PMS symptoms. Statistical analysis was conducted using Chi-square test.

Results : Respondents rarely consume caffeine (52%), have poor sleep quality and experience mild PMS (85%). There was a significant correlation between caffeine consumption habits (p=0,041; p<0,05) and PMS. However, there was no significant correlation was found between sleep quality (p=0,673; p>0,05) and PMS.

Conclusion : Caffeine consumption habits are significantly correlated with PMS.
Kata kunciKebiasaan minum berkafein, kualitas tidur, premenstrual syndrome
Pembimbing 1Katri Andini Surijati, S.Si.T., M.Gizi
Pembimbing 2Izzati Nur Khoiriani, S.Gz., M.P.H., Dietisien
Pembimbing 3
Tahun2024
Jumlah Halaman10
Tgl. Entri2024-08-19 09:11:35.455957
Cetak Bukti Unggah
© Universitas Jenderal Soedirman 2026 All rights reserved.